5 Makanan Khas Banten Terpopuler, Nomor 4 Favorit Sultan

Vien Dimyati ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 13:31 WIB
5 Makanan Khas Banten Terpopuler, Nomor 4 Favorit Sultan

Makanan khas Banten (Foto : Instagram @explore_serang)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak makanan khas Banten yang terkenal lezat wajib dicicipi. Sudah menjadi rahasia umum jika Banten memiliki tempat wisata eksotis yang bisa dijelajahi, seperti pantai.

Jadi, tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai di Banten, tidak ada salahnya Anda juga mencicipi kelezatan makanan yang ada di Banten.

Mulai dari makanan berat, manis, hingga makanan yang disajikan untuk oleh-oleh. Berbagai macam makanan khas Banten memiliki kelezatan masing-masing.

Ingin tahu apa saja makanan khas Banten yang terkenal lezat dan enak? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Sabtu (11/7/2020).

1. Makanan Khas Banten Angeun Lada

Foto : Instagram@inspirasi_nita
Foto : Instagram@inspirasi_nita

Makanan khas Banten yang pertama adalah angeun lada yang memiliki arti sebagai sayuran kuah pedas. Makanan ini dibuat dengan rempah alami dengan rasa yang kuat ditambah dengan cabai rawit yang dihaluskan.

Umumnya masyarakat Banten menggunakan babat sapi atau tulang iga sapi untuk isi dari angeun lada. Bahan masakan ini diungkep dan dibiarkan matang bersama kuahnya untuk mendapatkan citarasa yang meresap sampai ke dalam.

2. Makanan Khas Banten Sate Bandeng

Makanan yang satu ini sangat populer. Sate Bandeng kerap dijadikan oleh-oleh ketika sedang berwisata ke Banten.

Sate bandeng mempunyai rasa yang jauh berbeda dengan sate ayam maupun sate kambing, karena mulai dari proses pembakaran sudah melewati proses yang panjang sehingga ketika disantap terasa lezat.

Bandeng memang banyak ditemukan di wilayah Banten khususnya Serang. Oleh karena itulah masyarakat memanfaatkannya untuk dijadikan sate.

Keunikan kuliner ini adalah, ikan bandeng yang sudah diolah dengan bumbu kemudian ditusuk dengan bambu layaknya sate. Untuk menyantapnya, sate bandeng akan dibakar di atas arang bara.

3. Makanan Khas Banten Sambal Burog

Sambel burog memiliki nama yang unik layaknya kendaraan yang digunakan oleh nabi Muhammad saat berisra’ mi’raj. Memang sambel ini banyak ditemukan ketika musim haji sebagai suguhan hidangan yang diberikan pada orang yang sambang ke rumah orang yang baru pulang haji.

Sambel burog begitu terkenal di Banten karena rasanya yang unik dan tidak bisa ditemukan di wilayah lain. Sambel burog berbahan dasar olahan kulit melinjo atau kulit tangkil yang dicampurkan dengan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan daun salam.

4. Makanan Khas Banten Ketan Bintul

Foto : Instagram @sari-oktapiyani
Foto : Instagram @sari-oktapiyani

Satu hidangan yang seirng dijumpai saat Ramadan adalah ketan bintul khas Banten. Memang tak ada yang berbeda dari ketan ini dari segi proses pembuatannya. Akan tetapi yang membuatnya berbeda adalah adanya serundeng dicampur dengan kacang yang telah dihaluskan di atasnya.

Rasa ketan yang dibumbui serundeng terasa gurih dan legit. Bahkan konon katanya setiap berbuka puasa, Sultan Banten selalu mewajibkan adanya menu ketan bintul di atas mejanya. Makanan ini sering muncul ketika bulan Ramadan untuk digunakan sebagai menu pelengkap berbuka puasa.

5. Makanan Khas Banten Sayur Besan

Sayur besan sangat kental dengan tradisi asli Banten. Makanan ini disajikan ketika pernikahan atau proses lamaran. Terdapat empat bahan utama dalam sayur besan yakni trubuk, petai, bihun, dan kentang.

Adapun tambahan sayur lainnya yang bisa ditambahkan adalah wortel, labu siam, dan udang. Sayur besan dianggap simbol pernikahan dan hubungan erat persaudaraan yang terjalin pasca pernikahan.

Editor : Vien Dimyati