Mencicipi Rujak Kangkung Sambal Terasi, Rasanya Pedas Manis Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Jumat, 18 September 2020 - 14:54 WIB
Mencicipi Rujak Kangkung Sambal Terasi, Rasanya Pedas Manis Bikin Ketagihan

Mencicipi rujak kangkung sambal terasi (Foto: Instagram @aras_galeri)

JAKARTA, iNews.id - Mengonsumsi makanan sehat selama masa pandemi menjadi pilihan tepat untuk menjaga tubuh agar tetap kuat. Ada banyak sayuran dan buah yang bisa Anda santap. Mulai dari sayuran hijau hingga buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin.

Kali ini, jika Anda sedang bosan dengan sayuran hijau seperti brokoli, sawi, dan lainnya. Anda bisa memilih sayur kangkung. Biasanya sayur kangkung dimasak menjadi tumisan. Ditambah cabai, jagung, hingga lauk lain.

Bahkan, sayuran yang hampir mirip dengan bayam ini bisa dimasak menjadi rujak. Ya, Anda bisa berkreasi membuat rujak kangkung. Rasanya pedas manis, tekstur kangkung crunchy, siapa saja pasti ketagihan mencicipi.

Untuk menambah kelezatan rujak kangkung, Anda bisa menambahkan sambal terasi dan penyedap lain.

Seperti diketahui, sayur kangkung juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak jauh berbeda dengan jenis sayuran lainnya, sayuran yang punya nama latin Ipomoea aquatica ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh.

Dalam 100 gram kangkung segar yang masih mentah, terdapat 3,4 gr protein, 3,9 gr karbohidrat, dan 2 gr serat. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam sayuran ini juga sangat tinggi. 

Tertarik mencicipi rujak kangkung sambal terasi? Berikut ulasan resepnya dikutip melalui Instagram @aras_galeri, Jumat (18/9/2020).

Bahan:

4 ikat kangkung segar, disiangi, cuci bersih, didihkan air lalu tambahkan garam, masukkan kangkung, masak sebentar, tiriskan, jangan sampai lembek agar tekstur crunchy

Sambal rujak:

10 cabai merah kriting
4 cabai rawit merah
Seruas kencur
1/2 sdt terasi matang
1 sdt gula Jawa
1 sdt gula pasir
Garam
1/2 sdm asam Jawa, larutkan dengan sedikit air, saring

Cara Membuat:

1. Semua bahan sambelal diulek, lalu tambahkan air asam Jawa.
2. Siram sambal di atas kangkung rebus. Rujak kangkung sambal terasi siap disantap.

Editor : Vien Dimyati