Ternyata Bumbu Ini Bisa Membuat Masakan Tumis dan Sup Terasa Lezat

Vien Dimyati ยท Senin, 22 Juni 2020 - 12:43 WIB
Ternyata Bumbu Ini Bisa Membuat Masakan Tumis dan Sup Terasa Lezat

Membuat tumis dan sup terasa lebih lezat (Foto: Instagram@banususanto)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang memiliki hobi masak, tentu sudah sangat familiar dengan masakan tumis dan sup. Ada banyak menu tumis dan sup yang bisa Anda kreasikan di rumah.

Biasanya, untuk memasak tumis atau sup, Anda akan membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti cabai, bawang, daun jeruk, serai, dan lainnya. Masing-masing bahan dan rempah ini memiliki manfaat tersendiri untuk membuat masakan menjadi lezat.

Ternyata, di luar bahan-bahan itu semua, ada satu bumbu yang harus ditambahkan agar tumisan atau sup Anda terasa lebih lezat.

Bumbu tersebut adalah minyak ayam bawang. Minyak ayam bawang ini akan memberikan citarasa khas buat tumisan atau sup.

"Tampilannya seperti minyak biasa ya, karena lemak ayam dan bawangnya sudah saya saring," tulis Instagram @banususanto, dikutip Senin (22/6/2020).

Anda bisa menggunakan minyak ayam bawang untuk membuat sup ayam, bakso, dan lainnya. Tidak harus jauh-jauh membeli minyak ayam bawang ini.

Anda bisa membuat minyak ayam bawang di rumah dan dijadikan stok. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minyak ayam bawang juga sederhana. Anda hanya membutuhkan kulit dan lemak ayam, minyak goreng, jahe, dan lainnya.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat minyak ayam bawang untuk masakan tumis dan sup? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @banususanto.

Bahan :

1 kg lemak dan kulit ayam, cuci bersih
1 liter minyak goreng
500 gr bawang putih digeprak
6 cm jahe, digeprak
2/3 cup ketumbar, ditumbuk kasar

Cara Membuat :

1. Panaskan wajan. Masukkan jahe, lemak dan kulit ayam yang sudah dicuci, aduk aduk terus sampai air menguap semua dan lemak dan kulit berwarna kekuningan.
2. Masukkan minyak goreng, goreng kulit dan lemak ayam dalam api sedang sampai berwarna coklat pucat. Selanjutnya masukkan ketumbar dan bawang putih. Goreng dalam api yang lebih kecil sampai kulit/ lemak ayam dan bawang putih berwarna kecoklatan. Matikan api.
3. Diamkan minyak selama 1-2 hari agar aroma lebih meresap baru disaring dan disimpan.
Catatan: Bahan ini untuk 1.100 - 1.200 cc minyak ayam bawang.

Editor : Vien Dimyati