2. Consumer Disruption: The Millennials Story
Populasi milenial kini hampir 35% dari penduduk Indonesia dan dalam lima tahun ke depan akan menjadi kekuatan pasar dominan di Tanah Air. Milenial memiliki nilai-nilai dan perilaku yang berbeda dengan generasi sebelumnya.
Consumer Goods: Konsumsi milenial terhadap barang-barang konsumsi semakin menurun.
Properti: Milenial cenderung mencari rumah berukuran kecil dan fungsional-minimalis dengan perabot dan perlengkapan rumah tangga yang minimal pula. Karena rumah di tengah kota harganya tak terjangkau, rumah di pinggir kota dengan aksebilitas baik menjadi solusi.
Bank: Milenial merasa kewajiban cicilan KPR, KKB, atau tagihan kartu kredit kian mengungkung kebebasan hidup mereka. Pertanyaannya: ditambah dengan kehadiran fintech yang mendisrupsi sektor ini, akankah memang bank semakin tak relevan lagi di era generasi milenial?
Transportasi: Keinginan milenial membeli mobil/motor semakin menyusut. Alasannya ada dua. Pertama, memiliki mobil sendiri merepotkan dan tidak ramah lingkungan. Kedua, mereka lebih memilih sharing lifestyle dengan menggunakan jasa transportasi online.