40 Contoh Soal PCK PPG Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Wikku D Nugroho
Contoh soal PCK PPG lengkap dengan kunci jawabannya (Freepik)

12. Pak Hamsa usianya 40 tahun, secara fisik bugar. Beliau memiliki kepribadian yang hangat dan selalu berupaya membantu kesulitan orang lain. Beliau lulusan S1 PGSD telah memiliki sertifikat pendidik dan sekarang telah mengajar di kelas 5 SD. Beliau dikenal sangat menguasai materi pelajaran, sering menjadi tumpuan pertanyaan tentang materi dari guru lain. 

Dalam melakukan pembelajaran beliau selalu menyampaikan materi secara detail ke siswa, sampai siswa tidak ada yang bertanya karena sudah tidak ada yang bertanya karena tidak ada yang ditanyakan lagi. Keadaan Pak Hamsa ini jika dikaitkan dengan kelayakan sebagai guru profesional adalah...

A. Kompetensi profesional masih kurang

B. Kompetensi sosial masih kurang

C. Kualifikasi akademik masih kurang

D. Kompetensi pedagogic mash kurang

E. Telah layak sebagai guru profesional

Jawaban: A

13. Jika ingin mengajar di kelas III dengan Kompetensi Dasar 'Memahami pecahan sebagai bagian dari keseluruhan', maka benda konkret yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran adalah…

A. Kelereng sejenis

B. Bola pingpong warna putih

C. Papan berpaku

D. Manik-manik warna warni

E. Kertas lipat origami

Jawaban: E

14. Ibu Rahma seorang guru kelas IV SD melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup'. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTs pada peserta didiknya, maka rumusan indikator soal yang sangat tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah....

A. Membandingkan siklus hidup dua hewan yang sering dijumpai di sekitar tempat tinggalnya

B. Menjelaskan metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak sempurna

C. Menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi akibat kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus hidup hewan

D. Mengurutkan tahapan siklus pertumbuhan hewan yang dijumpai di sekitar tempat tinggalnya

E. Menentukan tahapan awal siklus hidup hewan tertentu yang dijumpai di sekitar tempat tinggalnya

Jawaban: C

15. Pak Amir guru kelas IV akan merancang pembelajaran dengan Kompetensi Dasar 'Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri.

Berdasarkan rumusan KD tersebut salah satu teknik penilaian yang dapat digunakan Pak Amir adalah...

A. Performance

B. Tes

C. Portofolio

D. Nentes

E. Angkel

Jawaban: A

16. Kelipatan suatu bilangan adalah bilangan-bilangan yang merupakan hasil kali bilangan tersebut dengan bilangan asli. Pertanyaan berikut yang dapat mengukur kemampuan berpikir tinggi untuk materi kelipatan adalah….

A. Apakah 42 adalah kelipatan 7?

B. Tentukan bilangan yang merupakan kelipatan 7?

C. Nomor rumah Adi, Budi dan Citra adalah 3, 9 dan 15. Apakah nomor rumah Budi dan Citra adalah kelipatan dari nomor rumah Adi?

D. Ayu mempunyai nomor undian 16 dan Yudi mempunyai nomor undian 4, apakah 16 kelipatan 4?

E. Jelaskan apakah kelipatan bilangan genap selalu genap?

Jawaban: E

17. Seorang guru kelas IV semester gasal muatan PPKn 4.4.1, menuliskan indikator. Menyajikan bentuk keragaman budaya di daerah masing-masing. Media pembelajaran yang dapat dipilih guru adalah….

A. Video berbagai rumah, tarian, alat musik, rumah adat, pakaian adat, dan senjata tradisional

B. Narasumber dari lingkungan sekitar yang menguasai budaya daerah setempat

C. Mind Mapping untuk menampilkan hasil kerja siswa

D. Mendatangi rumah adat yang di dalamnya ada alat musik, pakaian adat dan senjata tradisional

E. Memainkan media angklung sesuai irama

Jawaban: C

18. Seorang guru akan melakukan penilaian kemampuan siswa dalam menyajikan hasil pengamatan secara tertulis. Urutan aspek-aspek yang perlu dinilai oleh guru tersebut adalah sebagai berikut ....

A. Struktur kalimat, ekspresi, keberanian, isi laporan

B. Ketepatan tema, ketepatan struktur, pembawaan

C. Penampilan, sistematika tulisan, penggunaan bahasa

D. Ketepatan struktur, penggunaan bahasa, sistematika tulisan

E. Penggunaan bahasa, ketepatan struktur, kemampuan menanggap

Jawaban: D

19. Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat terbuka kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk...

A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.

B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.

C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah.

D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif.

E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data.

Jawaban: C

20. Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan gambar kepada peserta didik untuk diamati. Tujuan guru memberikan gambar tersebut adalah untuk...

A. Melatih kemampuan peserta didik dalam mengamati.

B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data.

C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis.

D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif.

E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan.

Jawaban: A

21. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat karangan. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis.

B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.

C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif.

D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data.

E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat.

Jawaban: A

22. Pada saat pembelajaran IPS, guru menggunakan metode diskusi untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode diskusi tersebut adalah untuk...

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi.

B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.

C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif.

D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data.

E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah.

Jawaban: B

23. Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat kontekstual kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk...

A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.

B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.

C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah.

D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif.

E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data.

Jawaban: A

24. Terdapat KD atau tujuan pembelajaran di kelas 6 yaitu menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan Penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik. berdasarkan tersebut kegiatan yang tepat dilakukan supaya peserta didik dapat mencapai kompetensi tersebut adalah….

A. Melaporkan hasil percobaan isolator listrik

B. Membuat video yang menjelaskan perbedaan rangkaian listrik

C. Melakukan pameran replika alat-alat listrik

D. Membuat karya berupa rangkaian listrik

E. Membuat poster ajakan hemat listrik

Jawaban: D

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Nasional
23 jam lalu

Berkas Dilimpahkan, Nadiem Makarim Salam Hormat ke Guru di Hari Pahlawan

Buletin
5 hari lalu

Bantah Disebut Tampar Murid, Guru di Subang: Kami Hanya Mendidik Anak Ini Sering Melanggar

Megapolitan
12 hari lalu

Demo Guru di Jakarta, Polisi Bagi-Bagi Air Mineral hingga Roti ke Peserta Aksi

Bisnis
14 hari lalu

Guru Ini Dirikan AgenBRILink di Pedalaman Papua, Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan bagi Masyarakat

Nasional
19 hari lalu

Mendikdasmen: Insentif Guru Honorer Naik Jadi Rp400.000 di 2026

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal