25. Dalam rangka kegiatan pembelajaran guru perlu memotivasi siswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran di kelas salah satu indikator pencapaian kompetensi dasar di kelas 2 adalah menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di sekolah. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk membangkitkan motivasi siswa dapat berupa…..
A. Guru meminta siswa menyebutkan karakteristik masing-masing sehingga teman-teman dapat saling memahami
B. Guru menyampaikan manfaat mempelajari keberagaman di sekolah
C. Guru meminta siswa untuk mewarnai aneka gambar terkait keberagaman di sekolah
D. Menampilkan video berisi keberagaman yang ada di sekolah dan meminta siswa untuk menyebutkan beberapa keberagaman yang ada di video
E. Guru bertanya tentang apa saja keberagaman yang ada di sekolah
Jawaban: D
26. Salah satu indikator ketercapaian pembelajaran kelas V adalah menemukan jaring-jaring kubus dan balok maka evaluasi proses pembelajaran yang kurang sesuai untuk mengukur indikator tersebut adalah...
A. Memberikan soal menentukan luas permukaan kubus dengan menggunakan jaring-jaring yang ditentukan
B. Tanya jawab singkat tentang jaring-jaring dan bukan jaring-jaring kubus dan balok
C. Pertanyaan lisan tentang makna dari jaring-jaring bangun ruang Di akhir pembelajaran
D. Memberikan kuis menggambar paling sedikit dua jaring-jaring kubus dan balok Di akhir
pembelajaran
E. Observasi berapa macam jaring-jaring yang dapat ditemukan siswa ketika kegiatan diskusi kelompok
Jawaban: A
27. Pak Irfan guru kelas 3 SD mengalami masalah dalam mengajarkan keterampilan menulis teks deskripsi. Pernyataan di bawah ini yang menggambarkan permasalahan siswa dalam menulis teks deskripsi adalah...
A. Kosakata yang digunakan dalam menulis deskripsi terbatas
B. Kalimat yang digunakan terbatas dan tidak Efektif menggambarkan objek
C. Paragraf yang dihasilkan tidak memenuhi sebagai paragraf yang baik
D. Banyaknya ditemukan kesalahan penggunaan tanda baca dan ejaan
E. Kalimat yang digunakan siswa tidak gramatikal dan Tidak Efektif
Jawaban: B
28. Terdapat KD/Tujuan Pembelajaran di kelas IV yaitu melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di sekitar rumahnya. Berdasarkan KD tersebut kegiatan yang tepat dilakukan supaya peserta didik dapat mencapai kompetensi tersebut adalah ....
A. Meminta orang tua untuk melakukan kerja bakti untuk menjaga lingkungan di sekitar
B. Membuat daftar cara melestarikan sumber daya alam di lingkungan
C. Membuat karangan tentang cara melestarikan sumber daya alam dilingkungan
D. Membuat poster ajakan untuk melestarikan sumber daya alam di lingkungan
E. Menceritakan upaya pelestarian sumber daya alam di lingkungan
Jawaban: A
29. Pada saat seleksi penerimaan peserta didik baru, Seorang guru diminta kepala sekolah menilai perihal kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi calon peserta didik terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu salah satu butir yang hendak ia tanyakan adalah....
A. Masyarakat kampung ini sebagian besar bekerja apa?
B. Berapa lama Anda tinggal di kampung ini?
C. Apa saja tradisi bersama di kampung ini?
D. Berapa kali Anda kerja bakti kampung selama ini?
E. Bagaimana budaya kerjasama di kampung ini?
Jawaban: D
30. Guru kelas 5 pada semester 1 sedang merumuskan indikator ketercapaian kompetensi keterampilan 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai adalah….
A. Membacakan dengan intonasi yang benar tentang hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
B. Menganalisis manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
C. Menyusun laporan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
D. Mempresentasikan di depan kelas Hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
E. Mendiskusikan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
Jawaban: D
31. Salah satu rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar mencermati penggunaan kalimat efektif dalam surat Seruan (ulang tahun, aktivitas sekolah kenaikan kelas dll) adalah….
A. Menyimak kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar
B. mengerti ciri-ciri kalimat efektif dan penggunaan ejaan yang benar
C. menafsirkan informasi yang ada dalam surat seruan
D. memahami ciri kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar
E. mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dan ejaan yang tidak benar
Jawaban: E
32. Ibu Gusti seorang guru kelas 5 SD melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. Supaya dapat mengukur kemampuan hots pada peserta didiknya Maka rumusan indikator soal yang tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah….
A. Menjelaskan rantai makanan pada ekosistem tertentu dan penyebab kepunahan suatu
komponen akibat proses makan dan dimakan
B. Menjelaskan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar
C. Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen Dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat
D. Menyebutkan Organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan
E. Memberi contoh organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar
Jawaban: C
33. Salah satu KD muatan matematika di SD kelas 4 adalah menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan. Indikator ketercapaian kompetensi yang kurang sesuai untuk KD tersebut adalah…..
A. Menentukan kelipatan suatu bilangan
B. Menentukan faktor dari suatu bilangan
C. Menentukan faktor prima suatu bilangan
D. Memberikan contoh faktor dan bukan faktor suatu bilangan
E. Menjelaskan kelipatan suatu bilangan
Jawaban: D
34. Dalam RPP yang disusun oleh guru tertulis tujuan pembelajaran: "Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi materi tentang teks eksplanasi dengan benar." Rumusan tersebut belum lengkap pada bagian....
A. Condition
B. Behavior
C. Degree
D. Audience
E. Motivation
Jawaban: B
35. Bu Widya guru kelas II, pada semester gasal sedang menyusun muatan PPKn pada KD Menceritakan arti gambar Pada lambang negara "Garuda Pancasila". Rumusan indikator Pencapaian Kompetensi keterampilan yang sesuai adalah….
A. Menyajikan dalam bentuk tabel arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila'. B. Menceritakan secara lisan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" secara lengkap dan tepat/sesuai.
C. menjelaskan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" dengan kalimat yang efektif dan kosa kata yang tepat.
D. Menganalisis arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" dengan menghubungkan arti gambar pada lambang dengan kehidupan sehari-hari
E. Menceritakan arti gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila" dengan suara lantang dan intonasi yang benar.
Jawaban: B
36. Ibu Nur seorang guru kelas VI SD melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTs pada peserta didiknya, maka rumusan indikator soal yang sangat tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah….
A. Menjelaskan tujuan tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu
B. Menyebutkan contoh hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
C. Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
D. Menguraikan mekanisme tumbuhan tertentu menyesuaikan diri dengan lingkungannya
E. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dan cara adaptasinya
Jawaban: D
37. Bu Yuri sedang menyusun rencana pembelajaran pada kompetensi dasar materi Matematika Kelas 5 yaitu 'menjelaskan skala melalui denah'. Indikator Pencapaian kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk kompetensi tersebut adalah…
A. Menjelaskan pengertian denah suatu benda atau daerah
B. Menggambarkan dan menjelaskan denah suatu benda atau daerah
C. Menentukan besarnya luas area pada suatu denah berskala
D. Menentukan denah peta yang sesuai dengan lingkungan sekitar
E. Menentukan jarak sebenarnya dengan menggunakan skala pada suatu denah
Jawaban: B
38. Pak Adi sedang mencermati hasil tes siswa dengan mendapati bahwa Siswa masih kesulitan menjawab dengan benar untuk soal Rini les renang setiap 8 hari sekali Andi les setiap 15 hari sekali dan Eka setiap 30 hari sekali Jika tanggal 2 November 2022 mereka bertiga les bersama maka mereka akan les bersama lagi pada tanggal... Mendapati kenyataan tersebut maka tindakan yang sesuai untuk dilakukan Pak Adi adalah….
A. Memberikan soal untuk dibahas kembali tentang kelipatan bilangan
B. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi KPK*
C. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi perkalian
D. Memperbanyak memberikan soal tentang faktor dari dua atau lebih bilangan
E. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi FPB
Jawaban: B
39. Bu Siti guru kelas 3 SD akan merancang pembelajaran dengan kompetensi dasar memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Muatan materi yang terkandung dalam kompetensi dasar tersebut adalah…
A. Kosakata baku, Kalimat Efektif, Ungkapan diri
B. Teks dongeng, kosakata baku, Kalimat efektif
C. Ungkapan diri, pesan dalam dongeng, memeragakan dongeng
D. Ungkapan diri, dongeng, pesan dalam dongeng
E. Pesan dalam dongeng, memeragakan teks dongeng
Jawaban: A
40. Seorang guru SD akan merancang pembelajaran dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri Ada beberapa sumber belajar yang dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran yaitu buku paket, modul, LKS lembar kerja siswa, realia, model, market, Bank, museum, kebun binatang dan pasar. sumber belajar yang paling cocok digunakan guru dalam pembelajaran menulis puisi adalah…
A. Lingkungan
B. Buku
C. Modul
D. Lkpd
E. Video
Jawaban: E
Itulah ulasan mengenai contoh soal PCK PPG. Semoga bermanfaat!