Cara Beli dan Gunakan Materai Elektronik, Wajib Buat Akun di Sini!
Setelah itu, maka sistem akan mengirim nomor OTP ke telepon genggam pengguna lewat SMS untuk proses validasi. Nomor OTP tersebut tinggal dimasukkan di kolom khusus yang sudah disediakan.
3. Setelah masuk ke dalam portal, akan muncul dua pilihan menu, yaitu 'pembelian' dan 'pembubuhan'. Pengguna baru harus membeli meterai elektronik terlebih dahulu seharga Rp10.000 dengan cara masuk ke menu 'pembelian'.
4. Setelah selesai, lanjut ke menu 'pembubuhan' yang akan memberi petunjuk dalam lima tahapan. Kelimanya, yaitu upload, pilih posisi, isi PIN, pembubuhan, dan download.
- Pertama, pengguna harus mengisi identitas dokumen seperti tanggal, nomor, tipe. Untuk tipe dokumen, ini menyangkut jenis dari dokumen tersebut. Apakah surat perjanjian, akta notaris, akta pejabat, surat berharga, dokumen transaksi, sampai dokumen lelang.
- Kedua, pengguna bisa langsung mengunggah softcopy dokumen dalam format PDF. Saat dokumen tersebut muncul di portal, pengguna bisa melihat langsung meterai elektronik yang bakal digunakan.