Ingat, Hari Ini Terakhir Lapor SPT untuk WP Pribadi

Tim Okezone ยท Rabu, 31 Maret 2021 - 09:33:00 WIB
Ingat, Hari Ini Terakhir Lapor SPT untuk WP Pribadi
Pelaporan SPT pajak secara online lewat e-filing. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) untuk Wajib Pajak Orang Pribadi (WP- OP) berakhir hari ini, Rabu (31/3/2021). Sanksi denda atau bahkan pidana menanti apabila tak lapor SPT.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (DJP) per Selasa (30/3/2021), sebanyak 9,9 juta WP telah melaporkan SPT. Angka itu meningkat 13,8 persen bila dibandingkan tahun lalu.

"Dibandingkan dengan tahun yang lalu, saat ini pelaporan SPT lebih tinggi 1,2 juta SPT," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Neilmaldrin Noor.

Pelaporan secara online (e-filing) menjadi favorit karena 9,56 juta WP atau 96 persen melaporkan SPT lewat skema itu. Sementara empat persen sisanya masih melaporkan SPT secara manual di kantor pajak.

DJP mengimbau WP segera melaporkan SPT. Berdasarkan UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), ada sanksi yang dikenakan kepada WP yang tak lapor SPT.

Dalam pasal 7 UU KUP, WP-OP yang tidak melaporkan SPT akan dikenakan denda Rp100.000. Denda tersebut akan ditagih dengan menggunakan Surat Tagihan Pajak (STP).

WP juga harus menyampaikan SPT dengan keterangan yang benar dan lengkap. Jika tidak dan merugikan pendapatan negara, sanksi denda dan pidana disiapkan sesuai pasal 39 UU KUP.

Sanksi pidana yakni penjara paling singkat enam bulan dan paling lama enam tahun. Adapun dendanya antara dua kali hingga empat kali dari jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

Editor : Rahmat Fiansyah