6 Makanan Sehat Tinggi Vitamin D, Salah Satunya Sarden

Ratu Syra Quirinno · Rabu, 07 April 2021 - 07:00:00 WIB
6 Makanan Sehat Tinggi Vitamin D, Salah Satunya Sarden
Sumber vitamin D di antaranya ada dari ikan salmon. (Foto: fishfarminexpert.com)

2. Salmon

Salmon termasuk ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi salmon Atlantik 3,5 ons (100 gram) yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D, atau 66% dari DV.

3. Ikan haring dan sarden

Ikan haring merupakan ikan yang dimakan di seluruh dunia. Bisa disajikan mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan. Ikan kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D. Ikan herring Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27% dari DV. Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik - satu kaleng (3,8 ons) mengandung 177 IU, atau 22% dari DV.

4. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer. Jika Anda tidak suka ikan, mengonsumsi minyak ikan cod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain. Ini adalah sumber vitamin D yang sangat baik - sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml), ia mencatat 56% DV yang sangat besar.

5. Tuna kalengan

Tuna kalengan mengandung hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 34% dari DV.

6. Jamur

Jamur adalah satu-satunya tumbuhan sumber vitamin D. Jamur dapat mensintesis vitamin D saat terkena sinar UV. Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3.

Editor : Dyah Ayu Pamela