Kasus Virus Corona Bertambah, Ini Cara Anda Terhindar dari Hipertensi

Okezone · Selasa, 24 Maret 2020 - 12:55 WIB
Kasus Virus Corona Bertambah, Ini Cara Anda Terhindar dari Hipertensi

Stres bisa picu hipertensi. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Setiap hari ada update jumlah pasien positif virus korona baru (Covid-19) bertambah. Sementara itu salah satu penyakit yang dapat memicu Covid-19 semakin parah adalah hipertensi atau darah tinggi.

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa memicu pecahnya pembuluh darah. Memang Covid-19 tidak membunuh secara langsung. Tapi virus corona akan memicu penyakit bawaan lainnya seperti hipertensi semakin memburuk. Karenanya, penting untuk selalu mengontrol tekanan darah agar terhindar dari penyakit ini.

Untuk mencegah tekanan darah tinggi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari WebMD.

1. Mengurangi stres

Salah satu pemicu naiknya tekanan darah adalah stres. Seiring berjalannya waktu, stres dapat berkontribusi pada penyebab tekanan darah tinggi. Ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres seperti liburan. Anda juga bisa membaca sejumlah artikel tentang cara mengurangi stres.

2. Mengurangi asupan garam

Membatasi jumlah asupan garam bukan hanya untuk mereka yang sudah mengalami tekanan darah tinggi agar tekanan darahnya turun. Anda yang belum mengalaminya juga harus tetap mengontrol konsumsi garam karena bisa membantu untuk mencegah naiknya tekanan darah.

3. Olahraga teratur

Anda yang senang berolahraga kemungkinan memiliki kesempatan 20-50 persen lebih rendah untuk terkena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang malas menggerakkan tubuhnya. Untuk melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari penyakit serius, Anda tidak harus menjadi pelari marathon. Dengan aktivitas fisik yang ringan saja bisa membantu menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Mempertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan membuat kesempatan Anda terkena tekanan darah tinggi dua sampai enam kali lipat. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga berat badan agar selalu ideal. Bahkan, penurunan berat badan walaupun hanya sedikit bisa membuat perbedaan besar dalam membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

5. Hindari minum alkohol

Minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi, batasi berapa banyak alkohol yang Anda minum tidak lebih dari dua gelas sehari, bahkan usahakan jangan mengonsumsi alkohol sama sekali. Demikian dikutip dari Okezone, Selasa (24/3/2020).


Editor : Tuty Ocktaviany