Kemenkes Tanggapi Pernyataan CDC Amerika Bolehkan Lepas Masker setelah Vaksinasi Lengkap

Muhammad Sukardi · Sabtu, 15 Mei 2021 - 13:42:00 WIB
Kemenkes Tanggapi Pernyataan CDC Amerika Bolehkan Lepas Masker setelah Vaksinasi Lengkap
CDC Amerika rekomendasikan boleh tak pakai masker untuk orang yang sudah lengkap vaksinasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan tanggapan rekomendasi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) terkait dibolehkannya lepas masker asal sudah vaksinasi lengkap. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan masyarakat Indonesia tidak boleh mengikuti saran CDC tersebut karena kondisi pandemi di Indonesia dan Amerika Serikat berbeda. Begitu pun mengenai cakupan vaksinasi yang tak sama. 

"Amerika Serikat vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 40% dari populasi. Lagipula rekomendasi boleh lepas masker itu untuk orang yang berada di daerah terbuka dan dipastikan orang-orang di dalamnya sudah divaksinasi lengkap semua," kata Siti Nadia pada iNews.id, Sabtu (15/5/2021). 

Dia menambahkan, bila orang tersebut berada di daerah tertutup dan tidak diketahui status vaksinasi pada orang lain di sekitarnya, maka tetap harus pakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lainnya. 

"Rekomendasi itu berdasar hasil penelitian mereka bahwa orang yang sudah divaksin itu walau membawa virus, tetapi jumlah virusnya tidak cukup untuk dapat menularkan kepada orang lain," ujar Siti Nadia. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2