Mengenal dan Mewaspadai Penyakit Jantung Koroner di Masa Pandemi Covid-19 

Vien Dimyati · Sabtu, 06 Februari 2021 - 19:24:00 WIB
Mengenal dan Mewaspadai Penyakit Jantung Koroner di Masa Pandemi Covid-19 
Menjaga kesehatan jantung (Foto: prisma health)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi, penyakit menular perlu diwaspadai. Salah satunya dengan menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan menghindari penularan virus.

Namun, bukan berarti mengabaikan penyakit lain yang tidak menular, seperti penyakit jantung. Mengacu Data Kementerian Kesehatan, angka prevalensi kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) selama 2013-2018 meningkat sampai 34 persen di Indonesia.

Sejak 2015, data tersebut menunjukkan, empat penyakit teratas penyebab kecacatan, kesakitan dan kematian adalah stroke, penyakit jantung iskemik, kanker dan diabetes mellitus (DM).

Dokter spesialis jantung Siloam Hospitals Sriwijaya, Arief Aji Subakti SpJP FIHA Cardiologist mengatakan, penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak.

"Lemak semakin bertumpuk, arteri akan semakin menyempit. Efeknya membuat aliran darah ke jantung berkurang," tutur, Arief Aji Subakti melalui keterangan virtual dalam acara Webinar Health Talk tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit jantung koroner, di Palembang, Sabtu (6/2/2021).

Editor : Vien Dimyati