Deretan Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Pilih Jenis Ekspektoran

kevi laras ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 11:48:00 WIB
Deretan Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Pilih Jenis Ekspektoran
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: istw)

JAKARTA, iNews.id - Batuk menjadi penyakit yang kerap terjadi di musim pancaroba, karena membuat kondisi tubuh tidak fit dan tak nyaman du tenggorokan. Bagi orang biasa terkena batuk bisa jadi bukan hal yang berat, namun tidak halnya dengan ibu hamil. Lantas apa saja obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi? 

Perlu diketahui selama mengandung, ibu hamil memang diminta lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Seperti saat mengalami sakit batuk, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan minum obat. 

Berbeda dengan orang biasa, ibu hamil harus memastikan obat apa saja yang aman diminum demi si bayi dalam kandungan.

Berikut ini beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi: 

1. Ekspektoran
Obat batuk yang dapat menghancurkan atau mencairkan dahak ketika batuk ini aman untuk ibu hamil. Obat batuk untuk ibu hamil ini termasuk ke dalam golongan ekspektoran yakni guaifenesin dan bromhexine.

2. Dekongestan
Obat ini juga umum digunakan ibu hamil. Selain mengobati batuk, obat ini juga mampu mengobati hidung tersumbat saat flu.

3. Guaifenesin
Obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi salah satunya Guaifenesin. Obat batuk jenis ekspektoran ini dapat membantu mengencerkan dahak. 

Perlu diketahui bahwa tiga jenis obat batuk ini masuk golongan obat kehamilan kategori C, atau artinya mungkin berisiko untuk ibu hamil. Di mana dosis terbanyak untuk ibu hamil yang mengonsumsi obat ini adalah 2.400 mg dalam 24 jam atau sesuai anjuran dokter. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda