Hikmah

Kumpulan Ayat Alquran tentang Cinta dan Kasih Sayang, Nomor 7 Jomblo Wajib Tahu

Kastolani · Selasa, 13 September 2022 - 20:34:00 WIB
Kumpulan Ayat Alquran tentang Cinta dan Kasih Sayang, Nomor 7 Jomblo Wajib Tahu
Ayat Alquran tentang cinta yang bisa dijadikan inspirasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ayat Alquran tentang cinta banyak disebutkan dalam kitab suci. Cinta yang disebutkan dalam ayat Alquran itu sangat beragam mulai cinta kepada Allah, rasul dan nabi serta cinta terhadap semua makhluk. 

Dilansir dari laman iain-bone.ac.id, cinta dalam bahasa arab disebut al-ḥubb atau maḥabbah yang berasal dari kalimat ḥabba-ḥubban-ḥibban, yang berarti waddaḥu, punya makna kasih atau mengasihi. Ada yang mengatakan “ḥubb berakar dari kata ḥabab al-ma’a”,adalah air bah besar. Cinta dinamakan maḥabbah karena ia adalah kepedulian yang paling besar dari cita hati.

Ayat Alquran tentang Cinta

Dalam Alquran, banyak disebutkan ayat tentang cinta baik kepada Allah, rasul, cinta terhadap sesama makhluk. Ada juga cinta yang dilarang dalam Alquran seperti cinta terhadap harta, kekayaan dan dunia yang berlebih-lebihan. Sebab, hal itu akan melalaikan manusia dan membuat binasa.

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah sebagaimana dilansir dari buku Muhammad Latif, “Konsep Cinta “al ḥubb” menurut M Quraish Shihab dan M. Said Ramadhan al Buthi, menjelaskan, kata cinta (al-ḥubb), memiliki kata yang bersinonim sebanyak 50 kata atau bahkan lebih, di antaranya adalah kata al- maḥabbah (cinta), al-alaqah (ketergantungan), al-ḥawa (kecenderungan hati), al- ṣabwah (kerinduan), al-ṣhobabah (rindu berat), al-syagaf (mabuk kepayang), al- miqah (jatuh hati), al-wujdu (rindu bercampur sedih), al-kalaf (derita karena cinta), al-tatayyum (pemujaan), al-isyq (kasmaran), al-jawu (yag membara), al-danaf (sakit karena cinta), al-sajwu (yang menyedihkan/merana), asy-syauq (rindu), alkhilabah (yang memperdaya), al-balabil (yang menggelisahkan), al-ttabarih (yang memberatkan), al-sadam (sesal dan sedih), al-gamarat (tidak dasar atau mabuk), al wahl (yang menakutkan), al-ikhti‟ab (yang membuat merana), al-waṣhub
(kepedihan), al-ḥanīn (penuh kasih sayang), al-futūn (cinta yang penuh cobaan), al- rasis (gejala cinta), al-wūḍ (kasih yang tulus) dan al-marḥamah (perasaan sayang).

51 Kata lain yang bersinonim dengan kata al-ḥubb yakni al-marḥamah yang berarti cinta atau kasih sayang, kata kerjanya adalah raḥima yang berarti perasaan sayang, meliputi pengertian cinta kasih, yang menimbulkan kekuatan untuk menahan amarah kepada sesuatu.

Berikut kumpulan Ayat Alquran tentang Cinta lengkap dengan Arab, latin dan artinya

1. Surat Al Hujurat ayat 7 tentang Cinta Keimanan

Ayat Alquran tentang cinta pertama yakni perintah untuk mecintai Allah dan rasul-Nya.

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ فِيْكُمْ رَسُوْلَ اللّٰهِ ۗ لَوْ يُطِيْعُكُمْ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنَ الْاَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ حَبَّبَ اِلَيْكُمُ الْاِيْمَانَ وَزَيَّنَهٗ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَكَرَّهَ اِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الرّٰشِدُوْنَۙ ٧

Latin: Wa'lamuu anna fiikum rasuulallaahi law yuthii'ukum fii katsiirin minal amri la'anittum wa lakinna hubbaba ilaikumul iimaana wazayyanahuu fii quluubikum wa karraha ilaikumul kufro wal fusuuqo wal 'ishyaan ulaaaika humr raaasyiduuun.

Artinya: Ketahuilah bahwa di tengah-tengah kamu ada Rasulullah. Seandainya dia menuruti (kemauan)-mu dalam banyak hal, pasti kamu akan mendapatkan kesusahan. Akan tetapi, Allah menjadikanmu cinta kepada keimanan dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu serta menjadikanmu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kemaksiatan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan kebenaran. (QS. Al Hujurat: 7)

2. Surat Ali Imran ayat 31, Cinta kepada Allah

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ٣١

Latin: Qul in kuntum tuhibbuunallaha fat tabi'uuni yuhbibkumullaaha wa yaghfirlakum dzunuubakum wallaahu ghafuurur rahiim.

Artinya: Katakanlah (Nabi Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran: 31)

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda