Hikmah

7 Ayat Alquran tentang Kedudukan Wanita, Latin, Arti & tafsir

Kastolani · Minggu, 28 November 2021 - 22:58:00 WIB
7 Ayat Alquran tentang Kedudukan Wanita, Latin, Arti & tafsir
Ayat Alquran tentang Kedudukan Wanita yang perlu diketahui kaum hawa. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kedudukan wanita dalam Islam sangat penting. Banyak ayat Alquran membahas tentang kedudukan wanita, hak dan peranannya dalam berbagai bidang.

Di antara ayat Alquran yang membahas tentang kedudukan wanita terdapat dalam Surat An-Nisa, Surat Ali Imran, Surat Al Mujadalah, Surat An Nahl dan Al Ahzab.

Stigma kasur, dupur, dan sumur memang sebelumnya melekat pada wanita. Namun, kini stigma itu sudah terkikis seiring perkembangan zaman dan gencarnya kesetaraan gender.

Dalam pandangan Islam, laki-laki dan perempuan pada hakikatnya memiliki hak dan kedudukan yang sama mulai dari pendidikan, beribadah, maupun dalam bekerja.

Berikut 7 Ayat Alquran tentang Kedudukan Wanita, Latin, Arti & Tafsir:

1. Kedudukan Wanita dalam Ibadah

فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ اَنِّيْ لَآ اُضِيْعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنْكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى ۚ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍ

Latin: Fastajaaba lahum rabbuhum anni laa udhii'u 'amala 'aamilin minkum min dzakarin au untsaa ba'dhukum min ba'dhi

“Sesungguhnya aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain” (QS. Ali-Imran: 195)

Tafsir:

Ummi Salamah pernah berkata, "Ya Rasulullah! Saya tidak mendengar Allah menyebut-nyebut perempuan sedikit pun yang berkenaan dengan hijrah." Maka turunlah ayat ini. Atas ketekunan mereka beramal baik, penuh dengan keikhlasan yang dibarengi doa yang sungguh-sungguh, maka Allah memperkenankan permohonan mereka. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda