Ilmu Tajwid

Makhraj Huruf Hijaiyah, Pengertian serta Contohnya

Kastolani · Rabu, 08 September 2021 - 18:36:00 WIB
Makhraj Huruf Hijaiyah, Pengertian serta Contohnya
Makhraj Huruf Hijaiyah merupakan pembahasan penting dalam ilmu tajwid agar bisa membaca Al quran dengan baik dan benar serta fasih. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Makhraj huruf hijaiyah penting diketahui Muslim agar bisa membaca Al quran dengan baik, benar, fasih dan tartil. Jumlah huruf hijaiyah seperti diketahui ada 29. Hijaiyah berasal dari kata haja, yuhajuu hijaa an (هَجَا- يَهْجُوْ- هِجَاءً ), yang berati ejaan. Yakni, ejaan huruf Arab sebagai bahasa asli Alquran.

Makhraj huruf hijaiyah ini artinya tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyah. Secara istilah, makhraj huruf artinya suatu tempat di mana huruf hijaiyah itu dibentuk atau dilafadzkan.

Makhraj huruf hijaiyah ini juga pembahasan penting dalam ilmu tajwid. Karena itu, mengetahui makharijul huruf atau tempat keluarnya huruf hijaiyah pada saat huruf-huruf tersebut diucapkan atau dibunyikan sangat penting.

Pendapat yang paling masyhur menurut Imam Ibnul Jazari menyatakan bahwa makhorijul huruf hijaiyah itu ada 17 tempat yang terdapat di rongga mulut, lidah, kerongkongan, dua bibir dan janur hidung.

a. Bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut ada tiga macam, yaitu : alif , wawu sukun dan ya sukun.

b. Bunyi huruf yang keluar dari tenggorokan yaitu huruf hamzah
(ه) ‘ha dan (ء), Wasthul halqi (pertengahan tenggorokan), yaitu huruf ha (ع) ain ‘dan) ح), ujung tenggorokan yaitu huruf ghoin (غ) dan kho’ (خ)

c. Huruf yang keluar dari lidah yakni, huruf qof, kaf, ja-sya-ya, dan dho, la, na, ro, ta, da, tho, tsa, dza, dzo, za, sa, dan sho.

d. Tempat keluar bunyi huruf hijaiyah yang terletak di bibir antara lain fa, wa, ba, dan ma.

e. Pangkal hidung. Adapun huruf-hurufnya yaitu huruf-huruf ghunnah mim dan nun dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Nun bertasydid (نّ)

2) Mim bertasydid (مّ)

3) Nun sukun yang dibaca idghom bigunnah, iqlab dan ikhfa’ haqiqiy

4) Mim sukun yang bertemu dengan mim (م) atau ba (ب).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: