Cinta Sejati, Mayky Wongkar Setia Temani Ria Irawan hingga Akhir Hayat

Fajar Adityo Nugroho ยท Senin, 06 Januari 2020 - 15:03 WIB
Cinta Sejati, Mayky Wongkar Setia Temani Ria Irawan hingga Akhir Hayat

Mayky Wongkar setia menemani Ria Irawan hingga akhir hayat. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Mayky Wongkar selalu setia mendampingi Ria Irawan hingga detik terakhir perjuangannya melawan kanker. Ria Irawan menghembuskan napas terakhir Senin pagi (6/1/2020) setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Cinta dan rasa sayang Mayky ke Ria begitu besar, kemanapun Ria pergi selalu didampinginya. Bahkan sebelum Ria meninggal, mereka sempat merayakan ulang tahun pernikahan di Bali serta menonton film bersama.

Ria dan Mayky menikah pada Jumat, 23 Desember 2016. Sosok Mayky bukan lah orang baru dalam kehidupan Ria, sebelumnya dia menjadi asisten pribadinya.

Sebelum menjabat asisten pribadi, 11 tahun lalu Mayky pernah menjadi kru film produksi Ria Irawan. Namun dia harus diusir karena menurut Ria belum menguasai tentang perfilman.

"11 tahun lalu kenal Ria baru masuk IKJ karena pernah diusir dari set waktu itu ngekru. Bahasa produksi itu kan beda-beda ya, biar komunikasinya nyambung, saya disuruh sekolah dulu," ujarnya dalam channel YouTube Alvin & Friends yang diunggah 25 Maret 2019 lalu.

Seringnya bersama membuat perasaan Mayky terhadap Ria muncul. Hubungan ini tak langsung mulus, Mayky mencoba merebut hati namun aktris yang memiliki nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan berkali-kali menolak.

"Aku itu mikirnya kanker kayak di film-film, besoknya meninggal. Aku akan meninggalkan duda di bumi ini," ujar Ria mengungkapkan alasan dia menolak Mayky saat itu.

Saat itu Ria juga divonis mengidap penyakit kanker endometrium satdium 3 pada 2014. Di tengah perjuangan Ria melawan sel kanker, Mayky pun melamarnya. Mayky mengatakan jika dia adalah orang yang paling paham akan kebutuhan Ria.

"Perasaan itu terbentuk karena lama bersama-sama. Saya terbiasa melayani dia dan tahu kebutuhannya dia apa. Itu sudah di luar kepala lah. Akhirnya terbentuk di situ," ujarnya.

Sebelum menikah dengan Mayky, Ria Irawan hidup menjanda selama 17 tahun. Dia sempat menikah dengan seorang duda bernama Yuma pada 5 April 1997, namun pernikahannya kandas pada Desember di tahun yang sama.

Mayky menunjukkan perhatian saat Ria sakit dan menjadi orang terdekat yang selalu mengantar ke rumah sakit.

“Ya mungkin karena dia lihat aku udah enggak bisa jalan. Orang yang memapah aku dan orang terdekat adalah dia," ujar Ria Irawan.

Jenazah Ria Irawan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta siang ini, Senin (6/1/2020). Mayky tak kuasa menahan air mata saat jenazah istrinya dimasukkan ke liang lahat.

Editor : Adhityo Fajar