Mengenang Ria Irawan, Aktris Serba Bisa Berkarya Lebih dari 40 Tahun

Fajar Adityo Nugroho ยท Senin, 06 Januari 2020 - 13:05 WIB
Mengenang Ria Irawan, Aktris Serba Bisa Berkarya Lebih dari 40 Tahun

Ria Irawan meninggal dunia di usia 50 tahun. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka dengan kabar meninggalnya Ria Irawan. Aktris kawakan ini menghembuskan napas terakhir pada Senin (6/1/2020) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Semasa hidupnya, Ria dikenal sebagai aktris serba bisa. Dia memiliki banyak prestasi di dunia seni peran dan namanya berulang kali masuk dalam nominasi penghargaan.

Berikut kenangan dari aktris yang mengabdi dan berkarya selama lebih dari 40 tahun di dunia hiburan.

1. Terlahir dari Pasangan Aktor dan Aktris

Ria Irawan terlahir dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan, aktor dan aktris yang kala itu namanya tengah naik daun. Ria merupakan anak bungsu dari lima bersaudara dan sejak lahir mendapat sorotan karena besar di lingkungan film.

2. Mengawali Karier di Usia 4 Tahun

Ayahnya memiliki perusahaan film Agora, hal ini membuatnya tertarik dengan dunia perfilaman sejak kecil. Di usia empat tahun dia menjadi figuran di film Sopir Taxi (1973) yang dibintangi Bambang Hermanto dan Dien Novita.

Beranjak dari situ, Ria kemudian mendapat lagi peran sebagai figuran dalam film Belas Kasih, kali ini figuran dengan dialog. Ria yang masih belia terus malang melintang di dunia film dan bermain dalam film Fajar Menyingsing (1975) bersama Erwin Gutawa, Chicha (1976) bersama Chicha Koeswoyo yang kala itu sedang tenar, Siulan Rahasia (1977), Istriku Sayang Istriku Malang (1977), Nakalnya Anak-Anak (1980) hingga aktingnya yang membuat banyak orang terpikat pada film Kembang Kertas (1984).

3. Meraih Nominasi Sejak Muda

Ria meraih nominasi Festival Film Indonesia 1986 sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Dia berhasil memenangkan Piala Citra lewat film yang juga dibintangi oleh Mathias Muchus dan Meriam Bellina, yakni Selamat Tinggal Jeanette (1987) sebagai Pemeran pendukung wanita Terbaik di FFI 1988. Di Festival Film Indonesia 2006 dirinya kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat film Berbagi Suami (2006).

4. Rambah Dunia Tarik Suara

Tak hanya berkarier di dunia akting, Ria juga merambah ke tarik suara. Dia mendapat kesemptana rekaman dengan membuat album keryokan bersama kelompok yang diberi nama Japras.

Grup ini terdiri dari Ully Artha, Debby Cintia Dewi, Wieke Widowati, Rini S. Bono, Nurul Arifin, Ita Mustafa, Ani Kusuma, Eva Arnaz, dan Rima Melati. Album ini meledak dan laris di pasaran. Ria juga pernah berkolaborasi dengan Rano Karno di dua album dangdut, Hiasan Mimpi dan Sorga Dunia.

Tak berhenti di situ, Ria juga pernah membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa. Tak hanya piawai bernyanyi, dia juga bertindak sebagai produser bekerja sama dengan Deddy Dhukun untuk albumnya yang berjudul Untuk Kamu.

5. Sutradarai Video Klip Anggun C Sasmi

Kecintaannya terhadap dunia seni membuat Ria Irawan terus mengeksplorasi kemampuannya. Tak berhenti menjadi aktris dan penyanyi, dia juga merambah sebagai sutradara video klip. Ria pernah menggarap klip Anggun C. Sasmi serta penyanyi lainnya.

6. Aktris Serba Bisa

Ria Irawan seolah tak pernah berhenti berkarya dan puas dengan satu profesi. Setelah menjadi penyanyi dia pun menjajal fotografi dan kemampuannya meningkat setelah diarahkan oleh fotografer Ken Sanjaya dan Drigo L.

Ria juga sempat pergi ke Milan, Italia untuk kuliah desain grafis. Sekembalinya dari perantauan, nama Ria menduduki puncak karier dengan tawaran sinetron, film, pemotretan dan lainnya.

Editor : Adhityo Fajar