Berdalih Strategi, Kejagung Enggan Ungkap Peran Lima Tersangka Kasus Jiwasraya

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 20:50 WIB
Berdalih Strategi, Kejagung Enggan Ungkap Peran Lima Tersangka Kasus Jiwasraya

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejagung, Adi Toegarisman. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf))

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak lima tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya telah ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung). Namun, hingga kini Korps Adhyaksa ini masih enggan mengungkap peran kelima tersangka kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp13,7 triliun itu.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejagung, Adi Toegarisman mengatakan, kasus yang ditangani pihaknya masih dalam tahap penyidikan. Pada tahapan itu, tidak mungkin Kejagung menjelaskan peran lima tersangka.

"Itu kan masih strategi kami. Kalau nanti pada saat waktunya di mana tahapannya kita akan secara terbuka sampaikan," katanya dalam konferensi pers di Kejagung, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

BACA JUGA:

Hendrisman Rahim Ditahan di Rutan Guntur, Benny Tjokro di KPK

Jadi Tersangka, Mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim Ditahan di Rutan Guntur

Penampakan Beny Tjokro Digelandang Kejagung ke Tahanan Kasus Korupsi Jiwasraya

Adi beralasan, proses terhadap kelima tersangka masih berjalan. Dia mengaku, jika Kejagung mengungkap peran kelima tersangka berarti menjelaskan detail suatu kasus.

"Ini kan masih penyidikan perkara, yang bersangkutan masih berjalan secara keseluruhan. Perannya berarti kita menjelaskan rangkaian perbuatannya. Ini kan masih penyidikan. Semua langkah hukum akan kami lakukan," tuturnya.

Sebelumnya Kejagung langsung menetapkan lima tersangka sekaligus menahan. Lima orang tersebut berasal dari delapan orang yang menjalani pemeriksaan hari ini di Gedung Bundar Kejagung.

Kelimanya adalah Komisaris PT Hanson Internasional, Tbk Benny Tjokrosaputro atau Benny Tjokro, mantan Direktur Keuangan PT Jiwasraya Harry Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral Tbk (TRAM) Heru Hidayat, mantan Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Inverestasi Jiwasraya Syahmirwan.

Kelima tersangka ditahan di lima rumah tahanan (rutan). Benny Tjokro ditahan di Rutan KPK, Heru Hidayat ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung lantai antara 7/8, Harry Prasetyo ditahan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan (Jaksel), Syahmirwan ditahan di Rutan Cipinang dan Hendrisman Rahim ditahan di Rutan Guntur Pomdam Jaya.

Editor : Djibril Muhammad