Jelang Pemilu 2024, Romo Bagus: Demokrasi Kita Masih di Masa Krusial dan Kritikal

Nur Khabibi ยท Jumat, 23 September 2022 - 16:25:00 WIB
Jelang Pemilu 2024, Romo Bagus: Demokrasi Kita Masih di Masa Krusial dan Kritikal
Rektor Universitas Sanata Dharma Albertus Bagus Laksana (kanan atas) menyebut demokrasi Indonesia masih di masa yang krusial dan kritikal. (Foto: Perindo)

JAKARTA, iNews.id - Dinamika politik menjelang Pemilu 2024 kian memanas. Hal itu menjadi faktor para rektor dan kalangan akademisi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyerukan perlunya menciptakan demokrasi berkualitas dan bermartabat.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Sanata Dharma Albertus Bagus Laksana dalam webinar Partai Perindo bertajuk "Beban Berat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dan Bermanfaat,” pada Jumat, (23/9/2022).

Romo Bagus begitu dia akrab disapa mengatakan belajar dari pengalaman selama ini dan perbandingan dengan negara-negara lain, demokrasi di Indonesia belum menciptakan demokrasi berkualitas dan bermartabat.

"Demokrasi kita masih di masa yang krusial dan kritikal dalam transisi yang demokrasi ini," ujarnya.

Menurutnya pemilu sebagai mandat dari reformasi untuk pembangunan kebangsaan yang lebih berkualitas dalam mewujudkan kemakmuran, belum sepenuhnya berjalan serta ditunjukkan dengan tatanan politik yang beradab dan berkualitas.

"Kami merasa sebagai lembaga akademisi mempunyai beban moral untuk ikut di dalamnya membangun demokrasi yang bermartabat lewat pemilu yang berkualitas," ujar Romo Bagus.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda