Ketua KPU: Harun Masiku Sempat Umbar Foto Bersama Tokoh-Tokoh Besar dan Pejabat

Okezone ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 01:12 WIB
Ketua KPU: Harun Masiku Sempat Umbar Foto Bersama Tokoh-Tokoh Besar dan Pejabat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Buronan kasus dugaan suap pengurusan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku ternyata pernah mengumbar foto saat bersama dengan totoh-tokoh besar. Bahkan, kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan juga melakukan hal yang sama saat berfoto bersama dengan pejabat pemerintah.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan suap PAW anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2020). Arief menjadi saksi untuk mantan rekannya Wahyu Setiawan.

Foto tersebut, Arief mengungkapkan, diumbar Harun saat mendatangi kantor KPU Pusat di Jakarta sebelum operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Seingat saya dia (Harun Masiku) membawa keputusan MA, surat DPP PDIP dan beberapa foto dia tunjukkan ke saya. Foto dia dengan orang-orang yang mungkin dekat dengan dia. Ada lah, (foto) tokoh-tokoh besar, pimpinan partai, foto pejabat," katanya.

Arief mengaku tidak ingat betul apa yang dibicarakan dengan Harun Masiku ketika itu. Menurut dia, pertemuan saat itu berlangsung informal. "Tapi kan karena itu pertemuan informal saya tidak mencatat, tidak mendokumentasikan apapun," ujarnya.

Jaksa pun mencecar Arief soal maksud dan tujuan Harun memamerkan foto bareng pimpinan parpol itu. Jaksa mengonfirmasi Arief soal ada tidaknya intervensi Harun Masiku lewat foto yang dipamerkan.

"Saya tidak tahu maksudnya apa, tapi dia mau menunjukkan ke saya bahwa dia dekat dengan tokoh-tokoh tersebut," kata Arief.

"Tapi saya enggak menanggapi, saya biasa saja. Dokumen yang dia serahkan itu tidak dimasukkan secara resmi. Dan itu saya letakkan saja," ujarnya.

Seperti diketahui, Harun Masiku merupakan mantan caleg PDI Perjuangan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pemulusan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR.

Harun lolos dalam OTT KPK. Dia berhasil melarikan diri. Saat ini, dia telah ditetapkan sebagai buronan KPK. Harun juga telah dicegah ke luar negeri.

Editor : Djibril Muhammad