Massa Pendukung Prabowo-Sandi Mulai Tinggalkan Bawaslu

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 22:11:00 WIB
Massa Pendukung Prabowo-Sandi Mulai Tinggalkan Bawaslu
Sebagian massa pendukung Prabowo-Sandi mulai meninggalkan Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Unjuk rasa pendukung Prabowo-Sandi di depan kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sempat memanas. Hal tersebut terjadi saat polisi mencoba bernegoisasi meminta massa pulang selepas salat Tarawih.

Padahal, orator aksi sebelumnya sudah menyerukan massa untuk pulang meninggalkan kawasan Bawaslu. Namun, beberapa di antaranya tak mengindahkan seruan orator aksi dan justru mendekat ke barisan polisi yang berjaga dengan pakaian lengkap.

"Komando ada di sini, ayok bubar dan mundur, siapkan tenaga untuk esok. Masih ada esok hari, kita bakal balik lagi," kata orator di depan kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

"Hati-hati, hati-hati provokasi. Hati-hati, hati-hati, provokasi," teriak nyanyian ribuan massa pendemo

Peristiwa terjadi usai massa melaksanakan salat Tarawih. Polisi terpaksa beregoisasi untuk membubarkan aksi karena waktunya sudah melewati batas ketentuan Undang-Undang.

Adapun, sesuai ketentuan batas waktu unjuk rasa hanya diperbolehkan sampai pukul 18.00 WIB. Polisi sudah memberikan waktu dua jam lebih untuk toleransi.

Polisi kembali mencoba membubarkan massa jika negoisasinya tak didengarkan. Mobil meriam air (water cannon) juga tampak siaga.

"Silakan untuk pulang dengan tertib, dan bersiap untuk sahur dan berpuasa esok hari," seru polisi di atas mobil komando.

Sampai saat ini, jalan sekitar kawasan Bawaslu dan Sarinah sudah tidak ada pengunjuk rasa. Sebelum bubar massa menyempatkan diri untuk mengumpulkan sampah yang ditumpukan di satu titik.

Terdengar dari mobil orator, massa diminta kembali ke Jalan Proklamasi Nomor 36 untuk membubarkan diri dan berkumpul lagi esok hari. "Mari kita pulang dan kembali ke jalan Proklamasi 36, kita kembali lagi esok," ujar orator.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda