Sakit, Istri Ruslan Buton Datang ke PN Jaksel Gunakan Kursi Roda

Irfan Maruf ยท Senin, 06 Juli 2020 - 18:24 WIB
Sakit, Istri Ruslan Buton Datang ke PN Jaksel Gunakan Kursi Roda

Istri Ruslan Buton, Erna (44) menggunakan kursi roda di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020). (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Sidang praperadilan Ruslan Buton di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) kembali ditunda, Senin (6/7/2020). Praperadilan diajukan oleh Ruslan Buton beserta istri dan anaknya.

Pantauan di lokasi, dalam kondisi sakit istri Ruslan Buton, Erna (44) datang ke PN Jaksel menggunakan kursi roda. Pengadilan terpaksa kembali menunda persidangan karena dari kepolisian selaku termohon tidak hadir.

"Sidang ditunda karena sampai detik ini, kepolisian hukum kuasanya tidak hadir tanpa alasan," ujar tim kuasa hukum Ruslan Buton, Hendri Siahaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020).

Prapreadilan yang diajukan oleh Ruslan Buton terdaftar dengan Nomor 73/Pid.pra/2020/PN.Jkt.Sel. Kemudian praperadilan yang diajukan istri Ruslan Buton, yaitu Erna Yudhiana (44) dengan nomor perkara 74/Pid.pra/2020/PN.Jkt.Sel.

Selanjutnya, praperadilan yang diajukan oleh anak Ruslan Buton dengan nomor 75/Pid.pra/2020/PN.Jkt.Sel. Praperadilan tersebut diajukan karena keberatan atas penangkapan dan penahanan terhadap Ruslan Buton.

"Gugatan kami adalah mempersoalkan tidak sahnya penangkapan penahanan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri," ucapnya.

Ruslan Buton ditangkap oleh tim Bareskrim Polri bersama Polda Metro Sultra dan Polres Buton di jalan Poros, Pasar Wajo Wasuba, Dusun Lacupea Desa Wabula 1, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, polisi menyita barang bukti berupa handphone dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik Ruslan Buton. Bareskrim Polri menetapkan Ruslan Buton sebagai tersangka dalam kasus penyebaran informasi hoaks dan ujaran kebencian karena membuat surat terbuka dan meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari jabatannya.

Editor : Kurnia Illahi