Usai Divonis Bebas, Sofyan Basir Siap Hadapi Kasasi KPK

Aditya Pratama ยท Senin, 04 November 2019 - 17:41 WIB
Usai Divonis Bebas, Sofyan Basir Siap Hadapi Kasasi KPK

Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir memeluk kerabatnya usai sidang vonis kasus suap proyek PLTU Riau-1 di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/11/2019). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sofyan Basir siap menghadapi langkah hukum yang akan diambil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah hukum itu terkait kasasi atas putusan bebas terhadap Sofyan Basir yang diputus Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Penasihat hukum Sofyan Basir, Soesilo Aribowo mengatakan, pihaknya siap menghadapi kasasi di Mahkamah Agung (MA). "Kalau bebas murni kasasi. Kita siap saja. Kan kasasi itu bukan soal fakta lagi yang dipersoalkan tapi penerapan hukumnya," katanya di Rutan cabang KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

BACA JUGA:

Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Tiga Pertimbangan Hakim

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Minta KPK Kembalikan Hak dan Martabat Sofyan Basir

Divonis Bebas, Sofyan Basir: Saya Bersyukur pada Allah

Soesilo menuturkan, saat ini Sofyan sedang mengurus administrasi pembebasan. Soesilo mengaku, kliennya telah menerima petikan putusan resmi dari Pengadilan Tipikor Jakarta, begitu juga dengan Jaksa Penuntut Umum KPK.

"Kemudian akan ada jaksa eksekutor di situ, untuk mengeksekusi putusan dari majelis itu. Sekarang lagi proses administrasi," ujarnya.

Usai divonis bebas, Soesilo mengatakan, Sofyan ingin segera kembali ke rumah karena sudah ditunggu keluarga. "Iya istri dan keluarga (sudah datang), sudah menanti. Dia (Sofyan Basir) ingin segera kembali ke rumah, istirahat dulu," katanya.

Sebelumnya, Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis bebas Sofyan Basir. Mantan dirut PT PLN itu divonis bebas karena dinilai tidak terbukti memfasilitasi pertemuan antara anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, politikus Partai Golkar Idrus Marham, dan pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan pertama dan kedua," kata Ketua Majelis Hakim Hariono di dampingi hakim anggota saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

‎Hakim juga menyatakan Sofyan Basir tidak terbukti melanggar Pasal 12 a atau Pasal 11 juncto Pasal 15 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 56 ke-2 KUHP.


Editor : Djibril Muhammad