Syarat Perpanjangan STNK 

Riyandy Aristyo · Rabu, 13 Januari 2021 - 09:19:00 WIB
Syarat Perpanjangan STNK 
Dalam perpanjangan STNK Anda bisa mengurusnya dengan cara datang langsung atau layanan online. Begini syaratnya. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki 2021, sebagian pemilik kendaraan bermotor mulai ditunggu kewajiban membayar pajak dan perpanjangan STNK. Berbagai persyaratan dokumen harus dilengkapi agar tidak repot saat pengurusan. 

Anda bisa mengurusnya dengan cara datang langsung atau layanan online. Apa saja syarat perpanjangan STNK?  

Pertama, siapkan STNK dan BPKB asli serta foto copy. Kemudian KTP asli pemilik kendaraan dan foto copy. Jika yang mengurus orang lain (tidak satu KK), siapkan surat kuasa. Bawa kendaraan untuk diperiksa nomor rangka. 

Isi formulir yang telah disediakan. Kemudian rapikan dokumen dan cek kembali jika ada yang tercecer. Selanjutnya serahkan ke loket dan tunggu panggilan petugas. 

Jika sudah lengkap, petugas akan mengembalikan KTP dan BPKB serta memberikan surat tagihan pembayaran pajak kendaraan. Kemudian surat pemeriksaan nomor rangka kendaraan (gesek). 

Untuk pembayaran Anda bisa langsung ke kasir (petugas bayar) atau via bank yang sudah ditunjuk. Jika sudah dibayarkan, tunggu pengembalian STNK dan pelat nomor baru. 

Aplikasi Samsat  

Anda juga bisa membayar pajak lewat cara online. Pemilik kendaraan tidak perlu datang ke Samsat cukup mengakses lewat aplikasi Samsat Online Nasional.  

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2