Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Dirjen Hubdat Galang Komitmen Menuju Nol Kendaraan Lebih Dimensi dan Muatan 2027
Advertisement . Scroll to see content

Banyak Truk Kecelakaan akibat ODOL, Pengamat: Perlu Dikeluarkan Instruksi Presiden

Minggu, 18 Desember 2022 - 19:47:00 WIB
Banyak Truk Kecelakaan akibat ODOL, Pengamat: Perlu Dikeluarkan Instruksi Presiden
Pengamat menilai diperlukan Instruksi Presiden untuk menuntaskan masalah ODOL tidak cukup hanya diselesaikan Kementerian Perhubungan. (Foto: Antara)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Truk bermuatan berlebih Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) masih sering dijumpai. Tak jarang menjadi penyebab kecelakaan. 

Meski kerap ditindak karena melanggar aturan, tetap saja operator dan sopir truk tak jera dengan hukuman yang diberikan. Ini mengundang perhatian masyarakat.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan perlu adanya instruksi presiden untuk menekan pelanggaran. Menurutnya, angkutan melanggar dimensi dan muatan sudah membudaya di Indonesia. 

Djoko mengatakan untuk menghentikan pelanggaran perlu program yang komprehensif dan konsisten dalam penerapannya. “Diperlukan Instruksi Presiden untuk menuntaskannya, tidak cukup hanya diselesaikan di Kementerian Perhubungan, terlebih hanya dilakukan oleh Ditjenhubdat. Pembenahan harus mulai dari hulu hingga hilir,” kata Djoko, dalam keterangan persnya Minggu (18/13/2022).

Dampak yang ditimbulkan oleh kendaraan dengan muatan dan dimensi lebih adalah kerusakan infrastruktur jalan, penyebab kecelakaan lalu lintas, tingginya biaya perawatan insfrastruktur, berpengaruh pada proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha insfrastruktur jalan.

Selain itu, dapat mengurangi daya saing internasional karena kendaraan yang melebihi muatan tak bisa melewati pos lintas batas negara. Kendaraan ODOL juga dapat memperpendek umur kendaraan, dan menimbulkan polusi udara yang berlebihan.

“Sekarang, setiap hari pasti ada kecelakaan truk yang diakibatkan melanggar dimensi dan muatan. Di jalan tol, truk ODOL kerap ditabrak kendaraan dari belakang, sedangkan di jalan non-tol, truk ODOL menabrak kendaraan di muka atau aktivitas di sepanjang jalan,” ujar Djoko.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut