21. Apa langkah terbaik yang diambil penata layanan operasional jika terdapat perbedaan pendapat antara dua departemen terkait prosedur operasional?
A. Mengambil inisiatif untuk memfasilitasi diskusi dan mencari solusi bersama
B. Mengabaikan konflik dan tetap melaksanakan prosedur yang ada
C. Membiarkan kedua departemen menyelesaikan masalah sendiri
D. Mengambil keputusan sepihak tanpa melibatkan departemen terkait
Jawaban: A
22. Salah satu kompetensi utama seorang penata layanan operasional adalah keterampilan analitis. Mengapa ini menjadi penting?
A. Untuk menilai kinerja pegawai tanpa menggunakan data apapun
B. Untuk menghindari pekerjaan teknis dan fokus pada tugas administratif
C. Untuk membantu menganalisis data dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang valid
D. Untuk bisa menunda pekerjaan yang dianggap tidak penting
Jawaban: C
23. Jika terdapat keterlambatan dalam penyediaan logistik penting untuk kegiatan operasional, apa yang harus dilakukan penata layanan operasional?
A. Mengalihkan tanggung jawab logistik kepada pihak lain
B. Menunggu hingga logistik datang tanpa mengambil tindakan
C. Menghentikan semua kegiatan operasional hingga logistik tersedia
D. Mencari solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan logistik sementara
Jawaban: D
24. Bagaimana Anda mengelola waktu untuk memastikan terdapat tenggat berinovasi dan bereksperimen dalam pekerjaan?
A. Terlibat dalam inovasi karena itu tanggung jawab
B. Menyediakan waktu khusus untuk eksperimen
C. Gabung ke proyek inovasi saat ada waktu luang
D. Fokus terhadap pekerjaan agar tak terganggu
Jawaban: B
25. Apa teknik pengarsipan yang umum digunakan?
A. Pengarsipan diagonal
B. Pengarsipan bulat
C. Pengarsipan vertikal
D. Pengarsipan horizontal
Jawaban: C
Demikian ulasan contoh soal PPPK Penata Layanan Operasional dan kunci jawabannya. Selamat belajar dan semoga sukses!