5 Rekomendasi Film Romantis Jepang untuk Akhir Pekan

Diana Rafikasari · Sabtu, 06 Maret 2021 - 22:13:00 WIB
5 Rekomendasi Film Romantis Jepang untuk Akhir Pekan
My Long Awaited Love Story, yang dirilis tahun 2016 jadi salah satu film Jepang romantis yang direkomendasikan. (Foto: Far East Film Festival)

JAKARTA, iNews.id - Selain film Korea, Jepang juga menawarkan kisah romantis yang beragam, termasuk animasi dan live-action. Mulai tema hubungan manusia, hingga romansa sekolah menengah yang unik, film-film berikut dapat menghangatkan hati Anda.

Menonton film-film berikut juga membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan di Jepang. Berikut rekomendasi film romantis Jepang dilansir iNews.id dari Vogue, Sabtu (6/3/2021)

1. Norwegian Wood (2010)

Penggemar Haruki Murakami jangan sampai melewatkan film ini. Norwegian Wood diadaptasi dari novel terkenal berjudul sama. Berlatar tahun 1960-an di Jepang, film menceritakan hubungan mahasiswa Toru Watanabe dengan dua wanita yaitu Naoko dan Midori.

Dalam perjalanannya, film ini menawarkan sisi yang menggugah tentang masa muda, kehilangan, dan percintaan. Film juga menampilkan kisah pedih tentang cinta, kehilangan, dan rasa sakit.

2. Whisper of the Heart (1995)

Film dari Studio Ghibli ini merupakan yang pertama disutradarai oleh orang lain selain pendiri studio, Hayao Miyazaki atau Isao Takahata. Dibuat berdasarkan manga yang karya Aoi Hiiragi, film menceritakan kisah Shizuku dan pembuat biola, Seiji. 

Shizuku tertarik dengan Seiji, yang belum pernah dia temui, setelah mengetahui bahwa dia juga mengambil buku yang sama dari perpustakaan. Ketertarikannya pada orang yang tidak dikenal ini tumbuh, hingga ingin mencarinya.

3. Your Name (2016)

Film dengan genre fantasi romantis animasi ini telah mendapat pujian kritis karena animasinya, cerita dan karakter yang kompleks, dan musiknya. Your Name menceritakan tentang seorang gadis sekolah di pedesaan dan seorang anak sekolah menengah di Tokyo yang entah kenapa bertukar tubuh.

Terlepas dari jarak di antara keduanya, mereka saling membangun ikatan khusus seiring waktu melalui hubungan yang tak biasa. Film romantis ini juga menawarkan pengetahuan tentang masyarakat Jepang dan sisa-sisa trauma gempa bumi dan tsunami tahun 2011 lalu.

4. My Long Awaited Love Story (2016)

Film berkisah tentang Riko, yang mendesain karakter pria untuk video game kencan. Lalu dia bertemu Soichiro, seorang pria yang benar-benar tidak mengerti tentang wanita atau cinta.

Keduanya menjadi dekat seiring waktu saat Riko membantu Soichiro memahami arti sebenarnya apa arti cinta dan romansa. Seperti yang bisa penonton duga, cinta tumbuh di antara keduanya.

5. Crying Out For Love in the Center of the World (2014)

Film bergenre roman melodrama paling populer di Jepang baru-baru ini dibuat berdasarkan sebuah novel berjudul Socrates in Love. Ada banyak kiasan romansa Jepang dipopulerkan sebagai hasil dari film ini.

Film mengisahkan tentang tunangan yang melarikan diri, lalu seorang pria bernama Sakutaro kembali ke kampung halaman dan mendengarkan kaset yang membawanya kembali ke masa lalu. Film lalu berlanjut melalui serangkaian kilas balik

Editor : Dyah Ayu Pamela