Jokowi: Jumlah Perkara Diterima dan Diputuskan MA 2020 Terbanyak Dalam Sejarah

Riezky Maulana ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 16:05:00 WIB
Jokowi: Jumlah Perkara Diterima dan Diputuskan MA 2020 Terbanyak Dalam Sejarah
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Setpres).

JAKARTA, iNews.id - Jumlah putusan perkara selama 2020 dinilai yang terbanyak sepanjang sejarah MA berdiri. Prestasi tersebut mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia menuturkan, banyaknya jumlah putusan tidak akan mengurangi kualitas putusan tersebut karena siiring dengan berkembangnya sistem teknologi informasi dalam sistem peradilan di Indonesia.

"Penerapan teknologi informasi dalam sistem peradilan di MA terbukti mampu meningkatkan kinerja secara signifikan. Jumlah perkara yang diterima terbanyak dalam sejarah, perkara yang diputus juga terbanyak dalam sejarah, tentu ini bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas putusan," ujar Jokowi dalam Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan MA 2020, Rabu (17/2/2021). 

Dia juga mengapresiasi MA karena bisa memperluas penerapan e-Court (layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara daring) dan e-Litigation (pemeriksaan perkara secara elektronik dalam penanganan perkara). 

"Pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada upaya yang dilakukan oleh MA untuk memperluas implementasi e-Court dan e-Litigation pada perkara pidana, pidana militer dan jenayah. Dan peningkatan versi direktori putusan," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2