KPK Gagal Geledah Ruangan di Kantor PDIP, PKS: Kenapa Kayak Kedodoran?

Felldy Utama ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 03:28 WIB
KPK Gagal Geledah Ruangan di Kantor PDIP, PKS: Kenapa Kayak Kedodoran?

Gedung KPK. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsy menyoroti gagalnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berusaha masuk ke dalam kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Penyidik KPK pada Kamis, 9 Januari 2020 bermaksud menggeledah salah satu ruangan di Kantor PDI-Perjuangan terkait kasus suap PAW caleg PDI Perjuangan.

"Memang itu banyak pertanyaan, kenapa itu bisa jadi kayak kedodoran KPK," kata Aboe di ruang fraksi PKS, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

BACA JUGA:

KPK Akui Datangi Kantor DPP PDIP, Ini Penjelasannya

Soal Isu Penggeladahan Ruang Kerjanya oleh KPK, Hasto: Itu Tidak Benar

Beredar Isu KPK Dihalangi saat Akan Geledah Kantor PDIP, Ini Kata Djarot Saiful Hidayat

Aboe mengaku baru pertama kalinya mendengar lembaga antirasuah itu gagal saat akan mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus sedang diselidiki. Dia pun langsung menyinggung adanya perubahan Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 Tentang KPK yang baru saja disahkan.

"Apakah perubahan undang-undang itu menjadi melemahkan? Mestinya tidak terjadi, mestinya lebih kuat, lebih gagah. Itu tidak biasa dan itu kita akan perdalam nanti, itu jadi pertanyaan besar buat kita juga," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar tak membantah penyidik menyambangi Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 9 Januari 2020. Namun dia menolak tim KPK disebut berencana menggeledah salah satu ruangan pengurus DPP PDIP.

Lili menjelaskan keberadaan tim KPK di lokasi tersebut dalam rangka penyelidikan atas kasus dugaan suap terkait caleg PDIP yang menyeret Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Dia menepis kabar tindakan tim KPK untuk melakukan penyegelan.

"Sebetulnya begini, tim KPK tidak akan menggeledah jika suatu kasus masih dalam tahap penyelidikan. Nah sementara ini kan masih dalam penyelidikan," kata Lili, dalam jumpa persnya, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.


Editor : Djibril Muhammad