e-Faktur Host to Host, Kemudahan Validasi Pajak dalam Satu Aplikasi

Anindita Trinoviana · Kamis, 01 September 2022 - 08:25:00 WIB
e-Faktur Host to Host, Kemudahan Validasi Pajak dalam Satu Aplikasi
(Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pajak merupakan suatu sistematis yang berupa pungutan wajib dari rakyat yang diberikan untuk negaranya. Pada umumnya, pungutan ini dilakukan setahun sekali dengan cara perhitungan tersendiri. Oleh karena itu, membutuhkan efaktur host to host yang dapat memperingan kalkulasi pembayaran pajak.

Mengurus pembayaran pajak serta melakukan kalkulasinya bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya, melibatkan komponen tertentu sehingga seluruh perhitungan pajaknya dapat terperinci dan sesuai peruntukannya. Selain itu, dengan banyaknya jenis pungutan pajak keberadaan e-faktur host to host akan memperingan tugas tersebut.

Apa yang dimaksud dengan e-Faktur Host to Host?

Kewajiban pembayaran pajak setiap tahun yang dikenakan kepada setiap wajib pajak, pribadi maupun pengusaha kena pajak merupakan PR tersendiri. Terutama bagi mereka yang tidak familiar dengan perhitungan komponen pajak yang terlibat, sehingga dibutuhkan berbagai macam perangkat untuk mempermudahnya.

Didukung dengan perkembangan teknologi, muncullah e-faktur yang merupakan salah satu perangkat untuk mempermudah perhitungan pajak. Pasalnya sistem ini akan semakin mempermudah wajib pajak terutama Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak setiap tahunnya.

Karenanya, sistem ini dikembangkan secara online sehingga lebih praktis aman, mudah, dan user friendly. Kelebihan dari sistem ini adalah bahwa dapat memastikan bahwa hanya pengusaha yang sudah dikukuhkan sebagai bagian dari pengusaha kena pajak lah yang bisa membuat faktur pajak tersebut.

Dengan dukungan perkembangan teknologi, maka kini terdapat tiga jenis e-faktur yaitu, e-faktur desktop, e-faktur web-based, dan e-faktur host to host. Semuanya berhubungan dengan pelaporan pajak di mana ketentuan pembuatannya berbeda-beda.

e-Faktur host to host merupakan salah satu fitur dari e-faktur web-based yang berbasis cloud, sehingga setiap orang yang berkepentingan dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapanpun. Hal inilah yang menyebabkan bahwa wajib pajak penggunanya tidak perlu menginstal aplikasi apapun terlebih dahulu.

Peruntukan Penggunaan e-Faktur Host To Host 

Biasanya, yang menggunakan e-faktur host to host adalah perusahaan yang berskala besar yang memiliki kewajiban untuk menerbitkan faktur pajak dalam volume yang cukup tinggi. Maka dari itu, disarankan digunakan oleh perusahaan yang memiliki dukungan informasi teknologi profesional dan mumpuni.

Untuk mendukung kebutuhan perusahaan yang memiliki volume penerbitan faktur pajak yang terlalu tinggi, aplikasi e-faktur host to host juga dapat berperan sebagai sebuah sistem antar server. Tujuannya adalah terjadinya komunikasi antar server dalam sebuah jaringan, terutama pada unit yang berhubungan langsung.

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda